Lipstik Purbasari Matte Best Seller Review Hot Item

Rabu, 13 Agustus 2008

SETIAP ORANG MEMBUTUHKAN WAKTU ISTIRAHAT YANG CUKUP

SETIAP ORANG MEMBUTUHKAN WAKTU ISTIRAHAT YANG CUKUP

Sepertiga dari kehidupan manusia dilewatkan dengan tidur, waktu/ jam tidur manusia tsb berhubungan dengan kualitas hidup dan keberadaannya. WHO menetapkan “tidur nyenyak” merupakan salah satu standar dari kesehatan manusia, dimulai sejak tahun 2001, setiap tahun pada tanggal 21 Maret ditetapkan sebagai “Hari Tidur Sedunia”. Baik buruknya tidur, tidaklah selalu berdasarkan jam tidur yang panjang atau singkat; hanya saja jika benar-benar tidur nyenyak, sel pallium bisa memulihkan rasa lelah, saat bangun maka akan merasa lebih nyaman, tenaga dan semangat pulih kembali, dengan demikian dikatakan kualitas tidur baik. Dengan pola hidup zaman sekarang dimana segalanya serba terburu-buru dan juga tekanan yang semakin bertambah, tingkat stress yang tinggi menyebabkan waktu tidur menjadi berkurang, insomnia pun menjadi satu masalah bagi zaman sekarang.


PERWUJUDAN DARI INSOMNIA
Insomnia adalah kesulitan tidur yang dialami seseorang, sering terbangun pagi atau ketika bangun maka sulit bagi orang itu untuk tidur kembali, jika sudah berat maka sepanjang malam orang itu akan sulit tidur, menyebabkan seseorang menjadi gelisah, lelah dan tidak bertenaga, yang akan mengakibatkan sakit kepala, banyak mimpi, penurunan daya ingat dan lainnya, bahkan dapat membuat orang menjadi susah berbicara. Insomnia adalah dimana sel pallium dalam keseimbangan proses kegiatan penstimulasian dan pengendaliannya menemukan rintangan, kebiasan tidur (irama tidur) menjadi terganggu. Insomnia berhubungan dengan pengaruh lingkungan, suasana hati (semangat), penyakit, obat-obatan dan factor-faktor lainnya.

GEJALA DARI INSOMNIA :
Sulit tidur, setelah naik tempat tidur pikiran semakin lama semakin segar memikirkan hal-hal lampau seperti film yang saling bermunculan dalam otak, atau bisa juga setelah naik tempat tidur sama sekali tidak memikirkan apapun, tetapi ketika memejamkan mata tetap tidak juga bisa terlelap, dimana ini semua adalah insomnia yang bersifat biasa.
Mudah terjaga, setelah naik tempat tidur mudah terlelap, tapi juga sangat mudah terjaga kembali, setelah terjaga maka akan sulit untuk tidur kembali.
Kualitas tidur rendah, setelah tidur mudah terjaga, dalam semalam bisa terbangun beberapa kali, antara tidur dan tidak tidur, setelah terbangun menjadi tidak segar.
Kerja di malam hari ataupun waktu bepergian menyebabkan ketidakseimbangan pada pola tidur, yang berdampak ke insomnia.

BAHAYA INSOMNIA
Menjadi lelah, bingung, sulit untuk berkonsentrasi, kerja menjadi tidak efisien
Sakit pada saraf otot
Penyaluran tekanan pada hormon meningkat
Lebih besar kemungkinan terkena penyakit pada pembuluh darah
Elastisitas kulit menurun, kulit menjadi tidak bercahaya, mempercepat penuaan.

CARA MENGATASI INSOMNIA SECARA ALAMI
1.    pastikan bahwa tempat tidur Anda cukup nyaman. Tentu bila kasur / bantal terlalu keras, akan membuat gangguan tidur bagi Anda, sehingga Anda sulit tidur nantinya.
2.     pada siang atau sore hari usahakan jangan tidur sehingga pada malam hari kita akan mengantuk dengan lebih cepat
3.  jika memungkinkan pasang AC di kamar, dengan udara yang sejuk dan angin yang lembut diharapkan mata lebih cepat mengantuk
4.        jadwalkan tidur Anda pada pukul 9 malam dan biasakan selama berbulan-bulan
5.        jangan biasakan untuk menonton TV hingga larut malam
6.    Anda bisa mencoba dengan mendengarkan lantunan musik yang Anda sukai, atau bila perlu dengan mendengarkan lagu-lagu klasik dan instrumental
7.        Berolah raga secara teratur
8.        hindari kopi, susu high fat, dan alkohol sebelum tidur.
9.        hindari rokok
10.   rilekskan pikiran Anda

Untuk kesehatan, Tidur itu harus 8 jam biasanya di lakukan pada jam 9 malam sampai jam 5 pagi, Nah Itu adalah kebutuhan tubuh, bila kita kekurangan tidur akan mengakitbatkna tubuh kita tidak fit sehingga penyakit dapat masuk dengan mudah. Selain dapat menyebabkan Insomnia begadang juga dapat menyebabkan Diabetes.

Nah untuk yang belum terkena penyakit Insomnia atau diabetes tinggalkan kebiasan gaya hidup yang buruk seperti begadang dan beralihlah ke gaya hidup sehat dan konsumsilah makanan sehat serta berolah raga lah dengan teratur.

Artikel Terkait:

Tidak ada komentar: